11.14.2011

Apa itu Manager ??

Dilihat dari judul artikel ini kita langsung diberi pertanyaan. jangan kapok dulu baca artikel ini !!. memang tampak simpel dan membosankan. banyak orang tanpa harus berpikir ekstra langsung dapat menjawab pertanyaan itu. ada yang menjawab bahwa manager itu adalah pemimpin, atasan, ketua, direktur, camat, Bupati, Gubernur, Kepala Keluarga dan banyak lagi jawaban yang dianggap relevan dengan istilah "Manager".

Jawaban kebanyakan orang seperti diatas, ada benarnya, dimana manager itu yaitu pemimpin, atasan yang mengelola sesuatu menjadi lebih baik dan lebih teratur, termasuk juga diantaranya kepala rumah tangga.

Secara simpel memang pengertiannya bisa dikatakan begitu. Tetapi banyak orang yang belum mengerti tentang pengertian manaer itu sendiri bahkan tidak sedikit manger itu sendiri sebagai pelaku di dunia nyata belum sadar dan mengerti tentang pengertian mendalam tentang manager.

Di dalam buku "Leadership Skill for Managers" karangan Jhon Woods. mempertanyakan "What is Manager????". dia mendifinisikan sebagai berikut : 
"The classic definition of a manager is one who gets done through other people. You may be planning, directing, controlling, hiring, delegating, assigning, organizing, motivating, disciplining, or doing any number of other things managers do on a daily basis. No matter what you do, though, you are working toward a goal by helping others do their work".

Dari pernyataan di atas dapat diartikan bahwa manager itu adalah seseorang yang mengerjakan dan menyelesaikan sesuatu dengan menggunakan orang lain. Bisa melalui perencanaan, mengendalikan, memimpin, mendelegasikan, mempekerjakan, memotivasi dan mendisiplinkan.

Anda bisa dikatakan manager apabila :
1. You direct the work, rather than perform it.
Seorang Manager tidaklah harus menghandle / mengambil alih dan mengerjekan semua pekerjaan. Dia cukup memerintahkan, mengarahkan dan mengendalikan. Tidak sedikit Manager yang harus turun tangan dalam mengerjakan sesuatu yang tingkat kestrategisan pekerjaan pada level bawahan. Orang seperti ini lebih suka mengerjakan sendiri daripada mendelegasikan kepada bawahan. Bahkan ada seorang manager yang harus menyingsingkan lengan baju dalam mengerjakan pekerjaan yang sifatnya urgent. Dia lupa bahwa dia dikontrak untuk mengelola bawahan dalam bekerja "Bukan sebagai staff".

2. You have responsibilities for hiring, firing, training, and disciplining employees.
Pengembangan staf merupakan peran penting dari pekerjaan Manager. Pengembangan tersebut sering berpengaruh terhadap loyalitas karyawan yang akan memilih tetap bertahan pada suatu perusahaan atau memilih meninggalkan perusahaan dengan oportunities yang lebih baik dan bagus. Anda harus bisa mengelola jenjang karir karyawan.

3. You exercise authority over the quality of work and the conditions under which it is performed
Sebagai manager, Bawahan adalah tanggung jawab anda. Anda harus memastikan lingkungan yang aman untuk bekerja bagi mereka dan senantiasa mendeteksi ancaman-ancaman yang akan timbul dan cara penanganan ataupun pencegahan timbulnya ancaman tersebut.

4. You serve as a liaison between employees and upper management.
Manager memiliki banyak peran. bisa sebagai polisi, psikolog, pelatih, menteri diplomat dan utusan. Dalam peran ini anda sebagai penghubung antara mereka yang bekerja dan mereka yang membutuhkan dan memanfaatkan pekerjaan itu. untuk memastikan pekerjaan berjalan dan selesai secara efektif dan efisien.

5. You motivate employees and contribute to a culture of accomplishment.
Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk pekerjaan Anda sebagai manajer, maka Anda menyadari kebutuhan untuk memotivasi, untuk menanamkan kebanggaan, untuk menciptakan iklim di mana inovasi dapat berkembang.

Jika anda telah melaksanakan ke lima point di atas, maka anda dapat dikatakan sebagai "The Real Manager" 


"Semoga Sukses"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar/Comment