11.14.2011

Hilangnya Peran Motivasi dan Kemampuan (ability) dalam meningkatkan kinerja

Motivasi merupakan keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan suatu individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.
Pada dasarnya, Motivasi karyawan dapat berpengaruh terhadap  kinerja karyawan,dimana semakin tinggi motivasi yang dimiliki karyawan dalam mencapai suatu tujuan perusahaan, maka semakin tinggi pula kinerja yang dicapai karyawan, demikian pula sebaliknya.

Kemampuan (ability) juga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kinerja, semua orang mungkin sepakat bahwa semakin tinggi kemampuan karyawan, maka semakin tinggi juga kinerjanya. demikian pula sebaliknya jika kemampuan karyawan rendah maka kinerjanya akan rendah.

Jika perumpamaan pada perusahaan memiliki karyawan yang bermotivasi dan berkemampuan tinggi, tentu banyak orang yang beranggapan bahwa tentu kinerja akan meningkat/tinggi.

Sebenarnya keadaan tersebut tidak serta merta dapat meningkatkan kinerja jika Persepsi Peran tidak jelas.
seorang karyawan yang tidak tahu (karena memamang tidak dijelaskan oleh atasan) akan perannya didalam suatu organisasi atau perusahaan lama kelamaan akan menyebabkan menurunnya motivasi dalam mencapai tujuan organisai dan perusahaan serta dapat menyebabkan menurunnya kemampuan karyawan dalam bekerja, jika keadaan tersebut berlangsung lama yang pada akhirnya dapat menyebabkan menurunnya kinerja karyawan.

Hal ini bisa diumpamakan bahwa meskipun perusahaan mempekerjakan karyawan  dengan IQ diatas rata-rata, predikat cumlaude dari universitas pavorite, memiliki motivasi tinggi tetapi managernya dalam suatu perusahaan tidak menjelaskan peran dan yang harus dikerjakan juga akan menyebabkan menurunnya kinerja karyawan tersebut.

Dapat kita simpulkan bahwa motivasi dan kemampuan (ability) tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja, akan tetapi berpengaruh secara simultan bersama-sama dengan persepsi peran terhadap kinerja karyawan.


"Motivasi Perlu, Kemampuan (ability) itu Penting, 
Persepsi Peran itu Tidak Kalah Penting"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar/Comment