6.07.2012

Belajar dari Kesuksesan Steve Jobs



Steve Jobs, mantan CEO dan founder of Apple meninggal tanggal 6 Oktober 2011, hari di mana dunia teknologi dan gadgetry bersedih, beliau meninggal di usia 56 tahun. Inovasi yang telah beliau ciptakan cukup banyak, dan saya pun tidak tahu semua inovasi beliau karena sangat banyak. Steve Jobs bagi saya bukan lah hanya sebuah CEO atau founder dari Apple. Beliau mengajarkan saya cukup banyak hal. Langsung aja :



  1. Stay Hungry, Stay Foolish
    Tetaplah lapar, tetaplah bodoh. Produk keuangan tidak memiliki taraf sempurna, krn itu explore utk mencapai kesempurnaan tidak akan ada habisnya. Sampai taraf Enterprise sejajar SAP juga bs. Taraf nasional atau taraf dunia?? No limits..
  2. We did’nt build Mac for anybody, we build for ourselves.. We just wanted to build the best thing we could build
    Di Supersoft, kami ingin membagun produk yang paling sempurna, entah itu web, akunting, lampu elektronik, sejauh mungkin terbaik. Dan yang kami sendiripun suka memakainya, sebelum orang lain.
  3. Thing don’t have to be change the world to be important.
    Di tiap bagian kehidupan, pasti ada kebutuhan, ada peluang, ada masalah. Supersoft harus hadir sebagai solusi pada masalah tsb dan tidak harus sesuatu yg besar. Solusi utk karyawan, solusi utk teman2 sediri, atau masyarakat tertentu. Dan gpp walau itu tidak harus besar..
  4. Most people have no concept of how an automatic transmission works, yet they know how to drive a car
    Mudahkan customer. Jangan persulit customer dgn cara kerja sistemmu, cukup pelajari bgm memafaatkan sistem utk kebutuhan mereka secara mudah. Pada sistem akunting, cukup lihat hasil akhirnya, dan lakukan kegiatan harian secara rutin. Spt gak mengoperasikan software akunting. Pada lampu hias, ckp caranya pakai dan manfaatnya.
  5. I want put a ding to the universe
    Tinggalkan kesan berbeda pada tiap produk.  Pada tiap produk, jgn lupakan hal kecil yg spesial, dan berbeda. Ini hanya bonus sampingan yg gak perlu dihitung dalam faktor harga atau biaya tambahan.  Tambahan sms broadcast di akunting, atau kirim dgn nama, shortcode 4 digit, sms gratiss.. Atau lampu hias + lampu senter + lampu padam istrik
  6. ..It’s hard for them to tell you what they want when they’ve never seen anything remotely like it.. (seen before) …
    Org gak akan terlalu paham kebutuhannya sampai tahu ada contoh produknya.  Jadikan saja dulu, lalu tunjukkan. Kesempurnaan akan berjalan mengikutinya. Bs jadi kamu gagal, tapi itu hanyalah satu ritme.
  7. Design is not just what it looks like and feels like. Design is how is works. 
    Desain tak sekedar utk dilihat atau dirasakan, tapi bgm bs dan mudah dipakai.  Pikirkan sejauh itu, mmg akan lebih lama, tapi hasilnya juga lebih luar biasa.
  8. Discipline. To turn on really interesting ideas and fledgling technologies into a company that can continue to innovate for years, it requires a lot of disciplines.
    Bertahanlah untuk terus berusaha kreatif dan kerja keras sepanjang hidupmu. Krn selain persaingan, pelanggan loyalmu akan ttp meunggumu. Wah, kuat gak ya..
  9. You can’t connect the dots looking forward, you can only connect them looking backwards. so you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust something…
    Hasil jerih payah Anda gak harus dinikmati sekarang.  Kinerjamu hanya akan kamu nikmati sekarang atau yg akan datang. Kamu tidak akan bs menentukan masa depan, tapi kamu hanya akan tercatat di masa setelahmu.. Doing the best, percayalah pada takdir atau karma setelah itu.
  10. If today were the last day of my life, would I want to do what I am about to do to day? .. I know I need the change something. 
    Kerjakanlah seolah ini hari terakhir di masa hidupmu. Kerjakanlah tiap hal agar paling berkesan. Seolah2 itu karya terakhirmu..
Ini di artikel lain di internet :
  • Kepuasan kerja sejati tidak terletak pada uang yang dijanjikan tetapi pada pengembangan diri untuk terus memperbaiki kualitas sumber daya sebagai bekal yang tidak terseret inflasi seiring perkembangan waktu.
  • Saya dihargai dengan bayaran hingga 1 juta dollar AS pada usia 23 dan lebih dari 10 juta dollar AS pada usia 24, bahkan lebih dari 100 juta dollar AS pada usia 25. Tetapi kenyataan ini tidak menjadi penting karena saya tidak menaruh fokus perhatian saya pada uang yang saya terima
  • Apa yang saya lakukan bukan memberikan kemudahan bagi orang lain tetapi membuat mereka menjadi lebih baik,” pesan Steve yang menilai pengembangan kualitas diri sebagai prioritas kepuasan kerja tak hanya berdampak pada diri sendiri tetapi juga orang lain.
  • Waktu kalian terbatas, jadi jangan habiskan hidup ini dengan semata bergantung pada pandangan orang lain. Jangan terperangkap dengan dogma yang hanya berisi pemikiran orang lain. Jangan biarkan kebisingan akan pendapat orang lain menenggelamkan buah pikiran pribadi kalian. Dan yang terpenting peganglah teguh apa yang menjadi intuisi dan suara hatimu. Orang lain juga ingin melihat apa yang menjadi pandangan kalian sebenarnya
  • Inovasi membedakan seorang pemimpin dari pengikut. Ini yang selalu kami terapkan sebelum terjadi ledakan bisnis dot-com. Apa yang perusahaan kami lakukan adalah justru menemukan investasi saat resesi terjadi. Kami tidak akan memecat karyawan tetapi justru berusaha memaksimalkan mereka untuk menjadikan Apple sebagai fokus perhatian mereka. Sementara pemecatan hanya akan menjadi opsi terakhir
  • Ada yang mungkin mengatakan, Ya Tuhan, apa jadinya Apple apabila (Jobs) terlindas bus. Menurutku, kekhawatiran seperti ini tidak akan pernah terjadi karena sumber daya manusia yang benar-benar bermutu telah disediakan Apple
  • Tugas saya adalah menciptakan tim eksekutif handal untuk menggantikan posisiku. Yang saya lakukan bukan membodohi orang lain dan bukan meyakinkan mereka agar menerima sesuatu yang sebenarnya mereka tidak inginkan. Kami berhak memutuskan apa yang diinginkan untuk mencapai inovasi dengan harapan bahwa keputusan itu juga melatih kemampuan kami dalam membaca apa yang menjadi keinginan sebagian besar pasar. Untuk itulah kami dibayar yaitu untuk menciptakan produk yang benar-benar memuaskan pasar






 Terima kasih Steve Jobs. Semoga bermanfaat.




sumber : http://furhanm.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar/Comment