4.07.2009

DASAR-DASAR ANALISIS KALIMAT

PENGERTIAN
Secara tradisional kalimat didefinisikan sebagai urutan kata-kata yang mengandung maksud yang lengkap. Setelah timbul pendekatan struktural pada akhir abad XIX orang sadar bahwa kalimat harus ditinjau pula dari segi strukturnya jika ingin mendapat gambaran yang tepat. Berikut ini beberapa definisi tentang kalimat.

Menurut Fokker kalimat ialah tuturan atau ujaran yang mengandung arti, yang oleh lagunya ditandai sebagai kesatuan yang selesai. Intonasi final itulah yang menentukan bahwa kita berhadapan dengan kalimat atau bukan.
Menurut Gorys Keraf, kalimat adalah bagian ujaran yang didahului dan diikuti oleh kesenapan, sedangkan intonasinya menunjukkan bahwa bagian ujaran itu sudah lengkap.

KESATUAN SINTAKSIS
Kata-kata di dalam kalimat ada yang menyendiri, ada yang berkelompok dengan kata lain. Masing-masing kelompok tersebut disebut kesatuan sintaksis. Jadi hubungan antara kata yang satu dengan kata yang lain tidaklah sama eratanya.
Kesatuan sintaksis itu ditentukan oleh permutasi atau pemindahan. Kata atau kelompok kata yang dapat dipindahkan tempatnya atanpa mengubah arti merupakan suatu kesatuan sintaksis. Kata atau kelompok kata tersebut disebut gatra. Jadi, gatra ialah kesatuan sintaksis di dalam kalimat yang dapat diubah-ubah letaknya tanpa mengubah arti kalimat tersebut. Gatra-gatra tersebut disebut fungsi atau jabatannya. Fungsi-fungsi tersebut adalah subyek (S), predikat (P), dan keterangan (K). Gatra subyek dan gatra predikat dianggap sebagai gatra yang mutlak harus ada jika suatu ujaran mau disebut kalimat. Tetapi apabila sudah diketahui oleh kedua belah pihak yang berbicara, salah satu atau keduanya dapat juga tidak disebutkan.

Analisis Unsur Bawahan Langsung (UBL)
Untuk menentukan gatra-gatra dalam sebuah kalimat dapat dilakukan dengan teknik analisis unsur bawahan langsung (UBL). Prosedurnya sangat sederhana, yaitu dengan menganalisis unsur-unsur pembentuknya, yaitu unsur segmental (tidak bisa dianalisis lagi) dan unsur suprasegmental (masih bisa dianalisis lagi) seperti di bawah ini.
Kalimat yang akan dianalisis:
Ia sudah mengerjakan soal itu dengan sunggu-sungguh.
UBL I, kalimat tersebut dianalisis sebagai berikut
Ia
Sudah mengerjakan soal itu dengan sungguh-sungguh.
yang masih bisa dianalisis berikutnya adalah sudah mengerjakan soal itu dengan sungguh-sungguh.
UBL II, hasilnya adalah
Sudah mengerjakan soal itu
Dengan sungguh-sungguh
yang masih bisa dianalisis berikutnya ada dua, yaitu (a) sudah mengerjakan soal itu, dan (b) dengan sungguh-sungguh
UBL IIIa hasilnya adalah
sudah
mengerjakan soal itu
UBL IIIb hasilnya adalah
dengan
sungguh-sungguh
yang masih bisa dianalisis berikutnya adalah mengerjakan soal itu.
UBL IV hasilnya adalah
mengerjakan
soal itu
yang masih bisa dianalisis berikutnya adalah soal itu
UBL V hasilnya adalah
soal
itu
Jadi, hasil analisisnya sebagai berikut
Ia sudah mengerjakan soal itu dengan sungguh-sungguh.
Ia/ sudah mengerjakan soal itu / dengan sungguh-sungguh
Ia/ sudah/ mengerjakan soal itu/ dengan/ sungguh-sungguh
Ia/ sudah/ mengerjakan / soal / itu / dengan / sungguh-sungguh
(Sampai tingkat tertentu, analisis UBL dapat digunakan sebagai dasar penentuan gatra. Dalam contoh di atas, penggalan gatra sebagai berikut Ia/sudah/mengerjakan/soal itu/dengan sungguh-sungguh)

Subyek dan Predikat
Subyek didefinisikan sebagai d asar tuturan sedangkan predikat adalah apa yang dikatakan pembicara tentang subyek. Karena predikat menyatakan sesuatu tentang subyek, pastilah daerah lingkungannya lebih luas daripada subyek.

Keterangan
Keterangan dibedakan atas katerangan kalimat dan keterangan kata. Keterangan kalimat menerangkan seluruh kalimat dan merupakan gatra. Keterangan kalimat dapat dipindah-pindahkan, bebas. Keterangan kata tempatnya tidak bebas, terikat kepada kata atau kelomok kata yang diterangkan. Keterangan kata tidak merupakan gatra tersendiri.
Contoh :
Orang kaya itu pergi ke Jakarta
” ke Jakarta” pada kalimat di atas meruakan gatra keterangan kalimat, sedangkan
” kaya” pada ”orang kaya” hanya merupakan keterangan kata.

Klausa
Seperti telah dikatakan di atas, subek dan predikat menurut pendekaan tradisional merupakan gatra yang wajib dan mutlak. Konstruksi subyek-predikat (S-P) itu disebut klausa. Klausa berbeda dengana kalimat. Klausa hanyalah konstruksi S-P tanpa memperhatikan intonasi final, sedangkan kalimat mungkin hanya sebuah kata, kelompok kata, atau sebuah klausa yang mempunyai intonasi final. Sebuah klausa yang mendapat intonasi final merupakan sebuah kalimat, tetapi apabila intonasinya tidak final klausa hanya merupakan gatra atau bahkan keterangan pada sebuah gatra

Keterangan Kalimat
Di atas telah dikatakana bahwa keterangan kalimat menerangkan seluruh kalaimat. Hanya saja karena predikat merupakan gatra terpenting di dalam sebuah kalimat, keterangan kalimat pada praktiknya juga dapat dikatakan menerangkan predikat saja. Macam-macam keterangan kalimat
Keterangan waktu (temporal)
Yang dimaksud keterangan waktu adalah keterangan yang menyatakan waktu terjadinya peristiwa predikat
Contoh : Ia pulang kemarin
Keterangan tempat (lokatif)
Yanag dimaksud keterangan tempat adalah keterangan yang menyatakan tempat terjadinya peristiwa predikat.
Contoh : Ia pergi ke Surabaya.
Keterangan sebab (kausatif)
Yang dimaksud keterangan sebab adalah keterangan yang menyatakan sebab-sebab terjadinya peristiwa predikat.
Contoh : Ia dibenci orang karena kejahatannya.
Keterangan akibat (konsekutif)
Yang dimaksud keterangan akibat adalah keterangan yang menyatakan akibat peristiwa predikat.
Contoh : Ia berjalan jauh hingga lelah.
Keterangan tujuan (final)
Yang dimaksud keterangan tujuan adalah keterangan yang menyatakan tujuan peristiwa predikat.
Contoh : Ia pergi untuk membeli buku.
Keterangan modalitas/kesungguhan
Yang dimaksud keterangan modalitas/kesungguhan adalah keterangan yang menyatakan sikap pembicara terhadap isi kalimat yang diucapkannya.
Contoh : Ia barangkali sakit.
Ia pasti datang.
Keterangan kualitas
Yang dimaksud keterangan kualitatif adalah keterangan yang menyatakan kualitas peristiwa predikat.
Contoh : Ia berjalan lambat-lambat.
Keterangan kuantitas
Yang dimaksud keterangan kuantitas adalah keterangan yang menyatakan jumlah peristiwa predikat.
Contoh : Ia memukul dua kali.
Keterangan perlawanan/peralahan/konsesif
Yang dimaksud keterangan perlawanan/peralahan/konsesif adalah keterangan yang menyatakan sesuatu yang berlawanan dengan isi predikat.
Contoh : Ia ikut mendaki gunung meskipun sakit.
Keterangan kesertaan (komitatif)
Yang dimaksud keterangan komitatif adalah keterangan yang menyatakan orang yang ikut melangsungkan peristiwa predikat.
Contoh : Ia pergi ke Jakarta dengan Sidin.
Keterangan perbandingan
Yang dimnaksud keterangan perbandingan adalah keterangan yang membandingkan peristiwa atau hal predikat dengan peristiwa atau hal lain.
Contoh : Tangannya halus seperti tangan anak kecil.
Keterangan syarat
Yang dimaksud keterangan syarat adalah keterangan yang menyatakan syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya peristiwa predikat dapat berlangsung.
Contoh : Jika tidak hujan saa akan datang ke rumahmu.
Keterangan cara/keadaan
Yang dimaksud keterangan cara/keadaan adalah keterangan yang menyatakan dalam keadaan apa peristiwa predikat berlangsung.
Contoh : Ia berlari sambil menangis.
Keterangan alat
Yang dimaksud keterangan alat adalah keterangan yang menyatakan alat yang digunakan untuk melangsungkan peristiwa predikat.
Contoh : Ia menusuknya dengan pisau.
Keterangan perwatasan/pembatasan
Yang dimaksud keterangan perwatasan/pembatasan adalah keterangan yang membatasi peristiwa predikat.
Contoh : Semua murid naik kelas kecuali Sidin.
Keterangan derajat
Yang dimaksud keterangan derajat adalah keterangan yang menyatakan derajat atau tingkat peristiwa predikat.
Contoh : Ia hampir selesai.
Sebagai bahan perbandingan, berikut ini saya sampaikan pembagian jenis keterangan versi Gorys Keraf
Keterangan tempat (lokatif), yaitu yang menerangkan di mana suatu peristiwa berlangsung, biasanya dinyatakan oleh kelompok kata yang dirangkaikan dengan kata tugas di, ke, dari, dan pada.
Keterangan waktu (temporal), yaitu yanag menjelaskan bilamana suatu peristiwa berlangsung, biasanya dinyatakan dengan adverbia temporal seperti kemarin, sekarang, besok, dan lusa atau gabungan kata-kata ang menyatakan adverbial temporal seperti hari ini, tahun depan, dan minggu ini.
Keterangan alat (instrumental), yaitu yang menjelaskan dengan alat manakah perbuatan itu dilaksanakan. Biasanya keterangan ini dinyatakan dengan kata tugas dengan+kata benda laat.
Keterangan kesertaan (komitatif), yaitu keterangan yang menjelaskan keikutsertaan seseorang dalam suatu tindakan. Biasanya dinyatakan dengan frasa dengan + orang auatu bersama + orang.
Keterangan sebab (kausal), yaitu yang menjelaskan mengapa suatu perbuatan atau tindakan dilakukan. Keterangan ini biasanya dinyatakan oleh kata-kata tugas sebab, karena, dan oleh karena.
Keterangan akibat (konsekutif), yaitu ang menjelaskan hasil atau akibat yang terjadi karena suatu perbuatan. Keterangan ini biasanya dinyatakan oleh frasa yang didahului oleh kata-kata tugas sehingga, sampai, dan akibatnya.
Keterangan tujuan (final), yaitu yang menjelaskan hasil suatu perbuatan yang dengan sengaja dikehendaki atau ingin dicapai. Keterangan ini dinyatakan oleh frasa yang didahului oleh kata untuk, supaya, guna.
Keterangan pembenaran (konsesif), yaitu ang menjelaskan berlakunya suatu perbuatan berlawanan atau bertentangan dengan keadaan atau kehendak pembicara. Keterangan ini dinyatakan oleh frasa yang didahului oleh meskipun, biarpun, walaupun, sekalipun, sungguhpun.
Keterangan pembatasan, yaitu yang menjelaskan dalam batas-batas mana suatu perbuatan boleh dikerjakan dan mana yang tidak boleh. Keterangan ini biasanya dinyatakan dengan frasa yang didahului oleh kata tugas kecuali, selain.
Keterangan suasana, yaitu keterangan yang menjelaskan bagaimana atau dalam suasana mana suatu perbuatan dilaksanakan. Biasanya keterangan ini dinyatakan dengan sebuah frasa yang didahului oleh dengan + kata yang menyatakan suasana.
Keterangana kualitatif, yaitu keterangan yang menjelaskan dengan cara mana atau bagaimana suatu peristiwa dilaksanakan. Biasana keterangan ini dinyatakan dengan frasa dengan + kata sifat.
Keterangan kuantitatif, yaitu yang menjelaskan berapa kali suatu proses berlangsung.
Keterangan perbandingan, yaitu yang menjelaskan bagaimana suatu perbuatan dibandingkan dengan perbuatan yang lain. Kata-kata tugas yang biasa diakai untuk menyatakan keterangan ini adalah sama, sebagai, laksana, umpama.
Keterangan modalitas, yaitu keterangan yang menjelaskan bahwa suatu proses berlaku secara subyektif, yaitu seperti yang dikehendaki atau ditafsirkan oleh pembicara. Ada beberapa macam keterangan modalitas, yaitu
1) keterangan kondisional (syarat)
2) keterangan kepastian
3) keterangan kemungkinan (potensial)
4) keterangan keragu-raguan (dubitatif)
5) keterangan harapan (optatif)
6) keterangan keinginnan (desideratif)
7) keterangan ajakan (adhortatif)
Keterangan aspek, yaitu keterangan yang menjelaskan terjadinya suatu proses secara obyektif. Keterangan ini sering dikacaukan dengan dua hal lain yaitu keterangan waktu dan kala (tense). Keterangan waktu terbatas pada penunjukan waktu seperti kemarin, besok, dan lusa. Sebaliknya kala adalah kategori gramatikal katakata kerja yang menyatakan berlangsungnya suatu perbuatana dalam waktu tertentu. Beberapa keterangan aspek adalah
8) aspek inkoatif, yaitu ang menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan mulai terjadi.
9) aspek kompletif atau persfektif, yaitu yang menjelaskan bahwa suatu peristiwa telah selesai atau telah berakhir.
10) Aspek inkonpletif atau duratif, yaitu ang menjelaskan bahwa suatu proses belum selesai atau masih berlangsung.
11) Aspek futuratif, yaitu yang menjelaskan bahwa suatu perbuatan akan terjadi.
12) Aspek repetitif, yaitu yang menjelaskan bahwa suatu proses terjadi sekali lagi.
13) Aspek frekuentatif, yaitu yang menjelaskan bahwa suatu perbuatan terjadi berulang-ulang.
14) Aspek spontanitas (serta merta) yaitu yang menjelaskan bahwa suatu proses terjadi dengan tidak disangka-sangka.

Obyek
Obyek sebenarnya bukan merupakan gatra tersendiri, melainkan merupakan keterangan/pelengkap penderita, tetapi ada beberapa macam obyek yang dapat dipindah-pindahkan tempatnya sehingga boleh dikatakan merupakan gatra tersendiri. Ada beberapa macam obyek, yaitu
obyek penderita
yaitu obyek yang dikenai peristiwa predikat. Apabila dipasifkan kata yang berfungsi sebagai obyek itu akan menduduki fungsi subyek.
Contoh : Ayah membeli kambing.
obyek pelaku
yaitu obyek yang menyebutkan pelaku peristiwa dalam kalimat pasif.
Contoh : Buku itu dibeli oleh Sidin.
obyek ber-kata depan
yaitu pelengkap predikat yang didahului sebuah kata depan.
Contoh : Ia tahu akan kewajibannya.
obyek semu (pelengkap)
yaitu bagian predikat yang tampaknya merupakan pelengkap tetapi hanya meruapakn suatu kesatuan dengan predikat itu.
Contoh : Ia berjualan kuda.
obyek langsung dan tak langsung
ada kalanya sebuah kata kerja memerlukan dua pelengkap. Ada yang langsung dikenai pekerjaan (disebut obyek langsung), ada yang secara tidak langsung (disebut obyek tidak langsung). Teeuw berpendapat bahwa obyek tak langsung termasuk predikat sehingga hanya ada satu obyek.
Contoh : Ayah membelikan adik sepasang sepatu.

JENIS KALIMAT
Pembagian kalimat
Berdasarkan jumlah inti yang membentuk sebuah kalimat
Kalimar minor, ialah kalimat yang hanya mengandung satu unsur inti atau unsur pusat.
Kalimat mayor, ialah kalimat yang sekurang-kurangnya mengandung dua unsur inti.
Berdasarkan kontur (suatu bagian dari arus ujaran yan diapit oleh kesenyapan) yang ada pada sebuah kalimat
Kalimat minim, ialah kalimat yang hanya mengandung satu kontur.
Kalimat panjang, ialah kalimat yang mengandung dua kontur atau lebih
Berdasarkan pola dasar yang dimiliki kalimat
Kalimat inti, ialah kalimat yang memiliki ciri terdiri dari dua kata, berpola S-P, dan intonasinya netral.
Kalimat luas, ialah kalimat inti yang sudah diperluas dengan kata-kata baru sehingga tidak hanya terdiri dari dua kata.
Kalimat transformasi, ialah kalimat inti yang sudah mengalami perubahan baik berupa penambahan kata maupun perbanyakan unsur inti.
Berdasarakan ragam kalimat
Kalimat aktif, yaitu kalimat yang subyeknya menjadi pelaku (agens) dari perbuatan yang menjadi predikat kalimat.
Kalimat pasif, yaitu kalimat yang subyeknya menjadi penderita (patiens) akibat perbuatan ang menjadi predikat kalimat.
Berdasarkan urutan kata.
kalimat normal, ialah kalimat yang subyeknya mendahului predikat.
kalimat inversi, ialah kalimat yang predikatnya mendahului subyek.
Berdasarkan tujuan dan sasaran yang akan dicapai
Kalimat berita
Kalimat tanya
Kalimat perintah
Kalimat harapan
Kalimat pengandaian.
Berdasarkan jumlah klausanya
Kalimat tunggal, ialah kalimat yang hanya terdiri dari sebuah klausa.
Kalimat majemuk, ialah kalimat ang terdiri dari dua klausa atau lebih.

Kalimat Majemuk
Yang dimaksud kalimat majemuk setara ialah kalimat majemuk yang klausa-klausanya sama tinggi kedudukannya.
Yang dimaksud kalimat majemuk bertingkat adalah sebuah kalimat majemuk yang salah satu klausanya menduduki suatu gatra (salah satu gatranya berupa klausa). Klausa yang merupakan sebuah gatra dalam klausa lain disebut klausa anak. Klausa yang salah satu gatranya berupa sebuah klausa disebut klausa induk.
Ada tiga pedoman untuk membedakan kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat, yaitu
letak kata penghubung
Pada kalimat majemuk setara kata penghubung selalu ada di antara klausa yang dihubungkan, sedanagkan pada kalimat majemuk bertingkat (kecuali dalam beberapa hal) posisinya dapat di antara kedua klausa yang dihubungkan, dapat pula pada awal kalimat.
Contoh : Sidin pergi ke Jakartaa tetapi adiknya tinggal di rumah. (setara)
Ia pergi ketika kita mengunginya. (bertingkat)
Ketika kita mengunjunginya, ia pergi. (bertingkat)
macam kata penghubung
Kata penghubung yang digunakan di dalam kalimat majemuk setara jumlahnya tidak banyak, antara lain dan, bahkan, lalu, atau, tetapi, hanya, jadi.
Kata penghubung yang digunakan dalam kalimat majemuk bertingkat antara lain ketika, sebelum, sesudah, sehingga.
lagu/intonasi
Pada kalimat majemuk setara lagu kalimat mempunyai dua puncak, jadi terbagi menjadi dua makrosegmen, sedangkan pada kalimat majemuk bertingkat intonasinya hanya mempunyai satu puncak. Dengan demikian lagu pada kalimat majemuk bertingkat sama seperti lagu pada kalimat tunggal.
Contoh : Uangnya banyak tetapi hidupnya tidak tenteram.
Meskipun uangnya banyak, hidupnya tidak tenteram.

Macam Kalimat Majemuk Setara
Menurut hubungan yang ada di antara klausa-klausa yang kedudukannya sederajat, kalimat majemuk setara dibedakan menjadi tiga, yaitu
kalimat majemuk setara yang klausa-klausanya disambung.
Kelompok ini dapat dibedakan lagi menjadi
- hubungan menyambung biasa (dan, sedang)
Ia pergi ke Jakarta dan adiknya tinggal di rumah
- hubungan menyambung menguatkan (bahkan)
Ia tidak mempunyai tempat tinggal bahkan pakaiannya hanya selembar.
- hubungan menyambung mengatur (lalu, kemudian)
Ia pergi ke Jakarta lalu keesokan harinya ia terbang ke Medan
Kalimat majemuk setara yang klausa-klausanya dipertentangkan.
Kelompok ini dapat dibedakan lagi menjadi
- mempertentangkan biasa (tetapi, namun)
Ia bodoh tetapi kakaknya pandai sekali.
- mempertentangkan mengganti (atau)
Engkau tinggal di rumah atau ikut pergi ke Jakarta?
- mempertentangkan mewatasi (hanya)
Semua murid naik kelas hanya si Ali yang harus tinggal setahun lagi.
Kalimat majemuk setara yang klausa-klausanya ada hubungan sebab-akibat (jadi, karena itu).
Ia belajar dengan sungguh-sungguh jadi nilainya bagus.

Macam Kalimat Majemuk Bertingkat
Seperti telah dikemukakan di atas dalam kalimat majemuk bertingkat klausa anak menjadi bagian dari klausa induk dan menduduki salah satu gatra atau sebagai bagian dari salah satu gatra.
Kalimat majemuk bertingkat dibedakan berdasarkan klausa anaknya.
KMB dengan klausa anak subyektif (pengganti subyek)
Contoh : Bahwa saudaranya sudah datang dari Jakartaa belum diketahuinya.
KMB dengan klausa anak predikatif (pengganti predikat)
Contoh : Pohon itu tingginya sepuluh meter.
KMB dengan klausa anak menduduki fungsi obyek penderita
Contoh : Ia menyangka bahwa musuh telah mengundurkan diri.
KMB dengan klausa anak menduduki fungsi obyek ber-kata depan
Contoh : Ia tidak tahu bahwa sahabatnya telah meninggal dunia.
KMB dengan klausa anak menduduki fungsi obyek semu
Contoh : Ia berpendapat bahwa kendnaraan itu baik sekali.
KMB dengan klaua anak menduduki gatra keterangan waktu
Contoh : Ia masih kecil ketika keluarganya pindah ke Bandung.
KMB dengan klausa anak menjadi gatra keterangan sebab.
Contoh : Ia dibenci tetangganya karena kelakuannya kurang baik.
KMB dengan klausa anak menjadi gatra keterangan tujuan
Contoh : Ia belajar sungguh-sungguh supaya nilainya bagus.
KMB dengan klausa anak menjadi gatra keterangan perlawanan
Contoh : Meskipun hidupnya sederhana, ia berbahagia.
KMB dengan klausa anak menjadi gatra keterangan syarat
Contoh : Jika hari tidak hujan, ia akan datang.
KMB dengan klausa anak menjadi gatra keterangan kata
Contoh : Orang yang timpang kakinya itu komandan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar/Comment